Raja Ampat, Surga Biota Laut Indonesia yang mendunia

Saat  liburan tiba, dibenak kita yang selalu terlintas adalah menghabiskan liburan dengan berpergian ke tempat wisata. Keinginan itu muncul hampir dibenak semua orang, terutama mereka yang tinggal di Jakarta. Lelah dan penat dalam rutinitas Jakarta yang semakin semrawut membuat banyak warganya memilih untuk menghabiskan waktu liburnya dengan berpergian ke luar Jakarta. Ada yang memilih berlibur ke puncak Bogor, meskipun bermacet-macet ria namun tetap menarik untuk dikunjungi. Ada juga yang memilih ke Bandung menuju wisata alam dan juga wisata belanja. Ada lagi yang suka pergi ke luar negeri untuk sejenak melepas penat. Semua orang memiliki tujuan berliburnya yang variatif.

Bagi kita tujuan berlibur yang sangat amat untuk segera direalisasikan adalah ke Raja Ampat Papua. Mengapa harus Raja Ampat Papua Indonesia?, Mengapa tidak memilih ke luar negari seperti Singapura, Thailand, Australia, timor leste dan lain-lain?. Itulah pertanyaan yang amat mudah untuk di Jawab. Untuk apa kita keluar negeri jika kita belum mengenal kekayaan negeri sendiri. Apa yang akan kita jawab jika ada bangsa lain bertanya kepada kita mengenai potensi kekayaan alam di Indonesia?. Padahal banyak bangsa lain di dunia yang terkagum-kagum dengan Indonesia. Raja Ampat sudah terkenal dan mendunia karena memiliki potensi bawah laut (terumbu karang dan jenis ikan) yang paling lengkap di dunia. Bahkan ada peneliti yang menyebutkan jenis terumbu karang dan spesies ikan yang ada di Raja Ampat ini adalah 75% dari yang ada di dunia. Artinya, negara ini benar-benar diciptakan oleh Tuhan dengan sebaik-baiknya. Dan negara lainlah yang harusnya datang berkunjung ke Indonesia, khususnya Raja Ampat, Papua.

Surga Biota laut

Raja Ampat secara geografis berada di papua yang berada dibagian barat kepada burung pulau yang memiliki 4 pulau besar seperti pulau Waigeo, pulau Misool, pulau salawati dan pulau Batanta. Keempat pulau besar iniah yang banyak menyimpan kekayaan alam laut dan gugusan pulau-pulau. Raja ampat menjadi surga para penyelam untuk melihat langsung keindahan biota laut. Sebut saja, mantan putri Indonesia Nadine yang memiliki kecintaan menyelam di Raja Ampat. Para penyelam dari mancanegara pun banyak berdatangan ke pulau ini. Mereka berkesan dengan keindahan bawah laut Raja Ampat, hingga di salah satu situs traveller terkemuka ia menuliskan komentar the diving in Raja Ampat is possibly the best in the world, such healthy corals and loads of fish. Stunning!.

 

Pergi berlibur ke Raja Ampat tersebut tentunya sangat menyenangkan karena kita bisa mengetahui sekaligus mengenal jenis biota laut terlengkap di dunia. Disamping itu, kita bisa mengenal lebih dekat dengan budaya penduduk sekitar. Berbagai fasilitas penginapan, resort dan hotel sudah cukup lengkap untuk menikmati keseharian di Raja Ampat. Kita bisa sama-sama belajar dan menjaga agar surga bawah laut ini tetap terjaga keasliannya. Di papua wilayah lain mungkin sudah rusak oleh tambang, oleh karena itu yang bisa kita lakukan disini adalah kita sama-sama berharap agar wilayah papua barat Raja Ampat tidak menjadi korban ekspolitasi keserakahan selanjutnya. Semoga anak cucu kita nantinya masih bisa diving di bawah laut raja ampat dan bercerita kepada temannya bahwa Ikan dan terumbu karang Raja Ampat adalah 75% dari yang ada di dunia. Cerita tersebut yang dituliskan juga ke dalam blog, media social atau apapun agar dunia tetap mengetahui bahwa kekayaan alam bawah laut ada di Raja Ampat dan itu ada di Indonesia.

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • biji  On August 24, 2015 at 8:19 am

    Raja Ampat tidak kalah dengan Maldive, hanya perlu lebih diintensifkan promosi di dunia Internasional,
    sayang sekali jika tidak dioptimalkan

Trackbacks

  • […] proses pembatasan waktu bisa dibatasi dari access point yang ada di kafe tersebut, dan biasanya pembatasan tersebut menggunakan MAC address, kenapa MAC Address???Kok gak IP Address??umh…kalo IP address bisa diganti sendiri kan lewat komputer, tapi kalau MAC, mungkin bisa di linux, tapi kalo di windows??? ya donlot lah program buat ngerubah MAC di: raja ampat papua […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: