BILA AIR HUJAN DAN ANGIN BERKOLABORASI

terbentuknya hujan

Terbentuknya Hujan Badai

Tidaklah mengherankan jika hujan turun dengan deras dan disertai angin. Kejadian Sore itu di solo (2 Mei 2008). Saking derasnya hujan yang turun sore disertai angin menyebabkan tiang reklame di sudut jalan sekarpace roboh. Papan reklame itu terpaksa menimpa rumah warga yang ada di belakangnya. Kerusakanpun tidak dapat dihindari. Bertepatan dengan dengan robohnya tiang reklame diikuti pula dengan tidak berfungsinya lampu merah (bangjo_java). Lampu merah tersebut konslet sehingga mengakibatkan kemacetan yang tidak dapat di hindari. Hitungan mundur lampu merah pun tidak berfungsi normal. Hanya kelap-kelip sebuah tanda yang telah kacau. Terlebih lagi sore hari merupakan waktu orang pulang kerja. Maka kemacetan pun tak terhindari. Kendaraan dari berbagai arah semuanya berebutan untuk dapat berjalan terlebih dahulu. Tidak jauh dari lokasi tiang reklame yang roboh dan lampu merah yang error terdapat beberapa pohon disisi jalan raya yang tumbang. Badan pohon itu menutupi laju jalan kendaraan sehingga memaksa kendaraan untuk berjalan perlahan dan hati-hati. Lambatnya laju kendaraan mengakibatkan kendaraan padat merayap. Pohon yang tumbang itu dikarenakan terpaan angin kencang ditambah lagi umur pohon tersebut telah tua. Terlihat mobil pemadam kebakaran yang telah berada dilokasi robohnya pohon. Di sana petugas terlihat sedang berusaha untuk menyingkirkan badan pohon yang ada dijalan untuk dibawa kepinggiran. Kesigapan petugas itu membuat laju kendaraan yang tadinya macet menjadi lancar kembali.

”Robohnya papan reklame dan tumbangnya beberapa pohon bukanlah kesalahan hujan dan angin. Sebenarnya kejadian itu dikarenakan tidak tepatnya penempatan tiang reklame dan kurang memperhatikan lingkungan sekitarnya”.

JANGAN SALAHKAN HUJAN

Hujan yang turun ke bumi merupakan anugrah yang patut disyukuri. Hujan memberikan airnya untuk menghidupkan kembali vegetasi-vegetasi alam dibumi. Berbagai vegetasi alam yang semula tidak lagi memiliki harapan hidup tapi dengan siraman air hujan mereka kembali hidup. Air hujan memiliki banyak manfaat nyata bagi kehidupan manusia. Bayangkan saja jika bumi ini tidak pernah diguyur hujan?apalah jadinya. Dengan turunnya hujan mampu merubah udara yang tadinya terasa panas menjadi dingin (adem_java). Udara menjadi seger dan nikmat untuk dirasakan. Suasana alam pada saat itupun berubah cepat sekali. Kebisingan dan keramaian mesin kendaraan bermotor yang mendominasi dijalanan menjadi redam ketika suara gemuruh air hujan dan angin turun untuk membasahi bumi.

Robohnya papan reklame dan tumbangnya beberapa pohon bukanlah kesalahan hujan dan angin. Sebenarnya kejadian itu dikarenakan tidak tepatnya penempatan tiang reklame dan kurang memperhatikan lingkungan sekitarnya. Tiang reklame tidak akan jatuh jika dari segi teknis dan penempatannya telah diperhitungkan dengan benar dan tepat bukan atas asumsi asal-asalan. Selain itu kemungkinan tidak ada perawatan dan kontrol terhadap kekuatan tiang reklame. Jika dilakukan perawatan dan kontrol maka kejadian itu tidak akan terjadi. Adanya beberapa pohon di sisi jalan raya yang tumbang kena terpaan angin kencang bukan karena kesalahan hujan. Pada dasarnya pohon besar berfungsi untuk menahan terpaan angin yang bertiup kencang entah bersama hujan atau tidak. Yang jelas pohon yang tumbang tersebut dikarenakan kurangnya kuantitas pohon besar. Pohon yang berada dipinggir jalan jumlahnya hanya sedikit. Sementara gedung-gedung bertambah banyak menggantikan fungsi pohon-pohon besar. Padahal jika jumlah pohon-pohon yang ada dipinggir jalan sangat banyak maka tidak akan ada pohon yang tumbang. Sebab semakin banyak pohon akan mampu menahan terpaan angin dan hujan. Gedung-gedung tidak mampu untuk menahan terpaan angin kencang. Gedung tersebut malah memantulkan angin sehingga angin bergerak kesegala arah yang tidak menentu dan dapat menimbulkan kerusakan. Kejadian robohnya tiang reklame dan tumbangnya sebagian pohon merupakan pemandangan yang sering kali terjadi di kota-kota besar. Selain di Solo, kejadian ini sering kali terjadi di Jakarta. Hujan deras disertai angin yang mengguyur kota jakarta sering kali menyebabkan robohnya tiang reklame. Peristiwa ini juga dikarenakan daya dukung lingkungan alam sangat rendah. Pohon-pohon besar di kota jakarta telah tergantikan oleh tiang-tiang, sehingga jangan salahkan hujan. Ditambah lagi tata ruang kota jakarta yang amburadul. Tidak ada lagi ruang hijau. Semua tergantikan oleh tegaknya gedung-gedung yang tak ramah lingkungan.

Pada dasarnya pohon besar berfungsi untuk menahan terpaan angin yang bertiup kencang entah bersama hujan atau tidak”.

Alternatif Solusi

Cepat atau lambat lingkungan akan mengalami degradasi jika tidak ada langkah konkret untuk mencegahnya. Salah satu upaya yang harus ditempuh untuk mencegah yaitu dengan memperhatikan tata ruang kota dan daya dukung lingkungan alam terhadap lingkungan. Kota yang maju adalah kota yang mau menata dirinya dengan sebaik-baiknya atas dasar daya dukung lingkungan. Menata sebuah kota untuk menjadi ramah terhadap lingkungan merupakan upaya untuk mengahargai alam. Alam adalah aset terbesar yang harus dijaga. Sistem kota yang ramah lingkungan akan terhidar dari dampak negatif/buruk terhadap kehidupan. Mari bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Ingat!! masa depan adalah apa yang telah kita pikirkan dan perbuat pada saat ini. Tinggal kita menentukan yang baik atau buruk???.

”Kota yang maju adalah kota yang mau menata dirinya dengan sebaik-baiknya atas dasar daya dukung lingkungan”.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • johansukses  On May 12, 2008 at 6:09 pm

    ok, aku setuju, maslaahnya, tata perencanaan kota seringkali hanya teori dude, pelaksanaannYa? jangan tanya deh, banyakan gagal. yah,namanya ja teori itu gampang, tapi prakteknya? banyak kendala gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: