Kesimpulan 411 Pakar Iklim Dunia

Kesimpulan 411 Pakar Iklim Dunia
Pemanasan Global Akan Makin Menyusahkan Manusia
13.04.2007
 
Pada hari Selasa (10/4), para pakar iklim global melakukan jumpa pers secara serentak di beragai belahan dunia. Intinya, bukti ilmiah menunjukkan pemanasan global sudah dan terus terjadi. Dampaknya adalah meningkatnya suku global.
Dibandingkan dengan suhu udara pada dekade 1990-an, suhu udara sekarang 1,5 sampai 2,5 persen lebih panas. Akibatnya, lapisan es di Benua Antartika (kutub selatan), Arktika dan pegunungan Himalaya, Alpen makin mencair.Dampak lainnya adalah peningkatan permukaan air laut. Sebanyak 30 persen garis pantai akan lenyap dari permukaan bumi di tahun-tahun mendatang. Demikian laporan yang diluncurkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), Selasa (10/4).Dampak lanjutan lainnya adalah perubahan iklim yang akan menyebabkan bencana alam seperti banjir, gelombang panas, dan badai topan yang lebih ganas dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagian daerah akan tergenang air dan sebagian lagi justru akan makin kering. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kegagalan panen. Dampaknya adalah 130 juta warga dunia kelaparan di tahun-tahun mendatang, yang sebanyak 100 juta ada di Asia.

Bencana berupa kematian manusia juga akan terjadi. Ini bukan sekadar ancaman yang tidak nyata. Sepanjang tahun 2003 misalnya, sudah terjadi kematian atas 70.000 warga di seluruh bumi Eropa akibat gelombang panas. “Musim panas di sejumlah wilayah akan lebih panas,” kata Martin Beniston dari University of Geneva.

Sekitar 2,5 juta orang per tahun akan tergusur dari hunian mereka yang berlokasi di dekat pantai.

Tidak heran jika para bintang dunia turut berkampanye soal ancaman pemanasan global. Madonna, Genesis, Bon Jovi dan The Police akan melakukan konser khusus soal isu ini pada 7 Juli 2007 di berbagai belahan dunia. Akan ada konser yang berlangsung 24 jam non-stop dan saling bersambung dari kota besar ke kota besar lainnya seperti Sydney, Tokyo, Shanghai, Johannesburg, London, Rio de Janeiro dan New York. Konser itu juga akan diikuti Duran Duran, Sheryl Crow dan artis top dunia lainnya.

Kini ancaman itu benar-benar makin menakutkan karena banyak pemerintahan yang tidak siap dengan pencegahan pemanasan global dengan mengurangi emisi gas karbon.

Pihak swasta justru lebih gencar mengkampanyekan pengurangan emisi karbon dioksida. ConocoPhillips bergabung dengan US Climate Action Partnership, sebuah aliansi korporasi dengan kelompok pencinta lingkungan hidup, untuk mengurangi emisi buangan gas, yang menjadi penyebab pemanasan global. BP PLC (Inggris) dan General Electric Co (AS) juga bergabung pada aliansi itu.
“Kami menyadari, aktivitas manusia termasuk pembakaran bahan bakar dari fosil, turut meningkatkan temperatur,” kata Jim Mulva, Ketua ConocoPhillips. Perusahaan ini akan melakukan riset dengan biaya 150 juta dollar AS untuk tahun 2007 saja. Dengan tujuan pengurangan gas menjadi hanya 50 persen dari level emisi 2006.Sejumlah perusahaan lain seperti Alcoa Inc (AS), DuPont Co (AS), Caterpillar Inc (AS), dan Duke Energy Corp (AS) juga turut di dalam aliansi tersebut.Jepang dan China setuju bekerja sama menggunakan energi nuklir untuk mengurang emisi gas. Mitsubishi Jepang juga akan mengurangi penggunaan BBM fosil dan meningkatkan porsi pemakaian energi nuklir.
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • Amani  On August 11, 2008 at 11:27 am

    in malaysia language please

  • cha-cha  On April 1, 2009 at 4:55 am

    sangat tidak lengkap tentang iklim menurut pakar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: